SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA / DUSUN KARYA HARAPAN MUKTI KECAMATAN PELEPAT ILIR KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI

Artikel

CELENGAN DARAH KHM UNTUK KEMANUSIAAN

26 Juni 2021 21:43:34  Administrator  62 Kali Dibaca  Berita Desa

Pada hari Rabu, 23 Juni 2021, Himpunan Penggagas Millenial (HPM) bersama Pemerintah dusun Karya Harapan Mukti bekerjasama dengan Puskesmas Kuamang Jaya (analis labor) melaksanakan program kegiatan Celangan Darah/Bank Darah sekaligus sosialisasi kesehatan. Program ini sudah sejak lama digagas dan didiskusikan oleh HPM dan Pemerintah Dusun Karya Harapan Mukti, namun karena padat dan banyaknya kegiatan serta tahapan yang harus dilakukan, dan mengingat masa pandemic COVID-19 pada akhirnya baru bisa dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2021. Tahap pertama, kegiatan diawali dengan acara lanching Bank Darah. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus laporan oleh Ketua Umum HPM yaitu Sdr. Ashari Wahyu B.A, S. Farm, disambung oleh Rio Dusun Karya Harapan Mukti Bpk. Iwan Hermawan dan diakhiri oleh sambutan sekaligus membuka secara resmi acara launching Bank Darah Dusun Karya Harapan Mukti oleh Wakil Bupati Bungo 2021-2024 Bpk. H. Safrudin Dwi Apriyanto, S.Pd. Usai acara launching, kegiatan dilanjutkan dengan ceck golongan darah gratis yang diselingi dengan sekelumit penjelasan Program Celengan Darah / Bank Darah oleh Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Pelepat Ilir (Sdr. Acep Sopandi, S.P., M.P.)

Ashari Selaku inisiator dan ketua umum HPM menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat khususnya dusun Karya Harapan Mukti untuk mengetahui Golongan Darahnya sdan membantu masyarakat umumnya di kabupaten Bungo untuk lebih mudah dalam mendapatkan informasi bank darah bagi yang membutuhkan.

Berangkat dari permasalahan yang sering muncul yaitu sulitnya mencari golongan darah yang sesuai dengan yang dibutuhkan resipien (penerima darah), tidak tersedianya database golongan darah (pendonor), ketidak akuratan data golongan darah pada dokumen identitas kependudukan, tidak diketahuinya golongan darah bagi kebanyakan orang, dan minimnya stok darah pada rumah sakit serta permasalahan lainnya, sehingga sangat menyulitkan bagi yang membutuhkan atau keluarga resipien untuk mengakses. Sering kali kita menyimak keluarga resipien menggunakan media sosial untuk meminta tolong mencari pendonor yang bersedia dan sesuai golongan darahnya. Hal ini tidak banyak membantu dikala seseorang yang ingin mendonorkan darahnya tidak mengetahui golongan darah dan tidak memahami kriteria pendonor.

Launching mengangkat tema “Give Your Hand for The Humanity” “Ulurkan Tangan Untuk Kemanusiaan” yang diharapkan mendapat tempat di hati masyarakat ditengah kondisi lemahnya perhatian masyarakat terhadap masalah – masalah sosial yang ada di sekitar, utamanya yang menyangkut masalah rendahnya stok darah. Diharapkan pula dengan adanya program ini (yang telah dikemas dengan konsep sedemikian rupa) mampu mengajak seluruh komponen masyarakat khususnya Dusun Karya Harapan Mukti dan umumnya di Kabupaten Bungo untuk peduli sesama yang dimulai dengan penegecekan golongan darah.

Dalam sambutannya, Datuk Rio Dusun Karya Harapan Mukti Bapak Iwan Hermawan (biasa disapa Kang Iwan) mengungkapkan keinginan ini sejak lama, sebelum beliau menjadi Rio (sebutan Kepala Desa di Kabupaten Bungo). Setelah beliau menjadi Rio yang kemudian membentuk HPM, barulah bak gayung bersambut, ide sejak lama ternyata didambakan juga oleh Pemuda Millenial Dusun Karya Harapan Mukti. Beliau berharap, HPM dapat mengemban amanah ini dan sekaligus menjadi mitra strategis pemerintahan Desa dalam rangka membangun Desa Karya Harapan Mukti untuk mencapai visinya.

Bapak Safrudin Dwi Apriyanto juga menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini, menurut beliau kegiatan ini sangat brilian dan inovatif, selain ini untuk kesehatan dalam kegiatan ini juga ada nilai moral dan nilai kemanusiaan. Pak Apri (sapaan akrab Wakil Bupeti Bungo) juga menyatakan apabila program ini berhasil ini akan diadopsi oleh pemerintah daerah sehingga bisa dilaksanakan di kecamatan bahkan dusun- dusun lain yang ada di Kabupaten Bungo.

Dikesempatan selanjutnya, Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Pelepat Ilir bersama Pendamping Lokal Desa Sdr. Suhardi, S.P yang turut andil mulai saat rencana pembentukan HPM, mendampingi dan memfasilitasi visi, misi, dan program kerja HPM menyampaikan bahwa program Celengan Darah/Bank Darah merupakan program inovasi Desa yang harus didukung penuh baik oleh pemangku kebijakan di tingkat Desa maupun Kabupaten. Sebagai salah satu bentuk perwujudan dari pencapaian SDG’s Desa yang menjadi prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, kedepan diharapkan HPM dan Pemerintah Dusun Karya Harapan Mukti mampu mengelola program ini secara baik dan berlanjut. Dalam penyampaiannya juga, PD Pemberdayaan Kecamatan Pelepat Ilir menggambarkan peta jalan program ini yaitu setelah warga Dusun mengetahui golongan darahnya diberikan penyuluhan tentang pentingnya kesehatan, mengetahui kriteria pendonor, dan selanjunya “Goal” adalah Dusun Karya Harapan Mukti memiliki Sistem Informasi Gologan Darah yang mudah diakses oleh siapapun khususnya warga Dusun dan umumnya Kabupaten Bungo. Tidak lupa dalam kesempatan tersebut PD Pemberdayaan Pelepat Ilir juga menyampaikan hendaknya program ini dapat direplikasi oleh Desa-Desa lainnya di Kecamatan Pelepat Ilir, tentunya sebagai pendamping akan selalu mendorong, mendampingi, dan memfasilitasi.

Kegiatan tersebut berlangsung khidmat dan lancar hingga pukul 16.00 WIB dan masih banyak masyarakat Dusun Karya Harapan Mukti yang berduyun-duyun datang untuk ikut serta melakukan kegiatan ceck golongan darah. Acara ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari berturut-turut. Jika masih ada warga Desa yang belum sempat melakukan pengecekan golongan darah, maka Pemerintah Dusun Karya Harapan Mukti akan memfasilitasi pengecekan golongan darahnya di Puskesmas. Prosedur pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan ketat yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan. Sembari menunggu antrian pengecekan golongan darah, warga diberikan doorprize berupa multivitamin, susu, dan lain-lain. Turut serta TP-PKK Dusun Karya Harapan Mukti memeriahkan jalannya acara dengan membuka bazar UMKM sekaligus memberikan bingkisan makanan dan salak pondoh yang dibudidayakan di Dusun Karya Harapan Mukti bagi setiap warga yang telah di-ceck golongan darahnya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Aparatur Dusun

Back Next

Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Dusun

Lokasi Kantor Dusun


Kantor Desa
Alamat : Jl. Jakarta Dusun Karya Harapan Mukti
Dusun : Karya Harapan Mukti
Kecamatan : Pelepat Ilir
Kabupaten : Bungo
Kodepos : 37252
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:0
    Kemarin:0
    Total Pengunjung:0
    Sistem Operasi:
    IP Address:
    Browser: