• Jl. Jakarta
INFO
  • Selamat Datang di Website Resmi Dusun Karya Harapan Mukti Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo

Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Pengembangan Komoditi Hortikultura

31 Desember 2018 Administrator Berita Desa

Sebanyak 105 KK di Jl. Jogja Desa Karya Harapan Mukti (tersebar di RT. 13, 14, 15, dan 16) memiliki kebiasaan yang produktif yaitu menanam sayuran di pekarangan rumah mereka.

Aktivitas tersebut dimulai sejak bermukimnya warga yang merupakan transmigran dari pulau jawa untuk mengatasi ketidakpastian perekonomian saat itu. Jenis sayuran yang dibudidayakan adalah : sawi, kangkung, bayam, kacang panjang, terung, pare, mentimun, dan gambas dengan rata-rata pendapatan yang mereka terima dari hasil penjualan sayurannya sebesar Rp. 50.000,- per hari. Untuk meningkatkan produktivitas dan menatasi permasalahan hama penyakit, Desa Karya Harapan Mukti di tahun 2017 mengalokasikan Dana Desa untuk bantuan Bibit, Pupuk, dan Obat-obatan serta pelatihan. Sementara untuk menjembatani dan perluasan pemasaran, pemdes Karya Harapan Mukti melakukan revitalisasi dan perluasan pasar desa dengan menambah kios-kios untuk menjajakan sayuran yang dikelola oleh BUM Desa "Sido Mukti".

Latar Belakang

  1. Hampir semua masyarakat di Desa Karya Harapan Mukti bermata pencaharian sebagai petani terutama sayuran dan buah-buahan (hortikultura).
  2. Bercocok tanam sayuran dan buah-buahan merupakan kebiasaan yang sudah tumbuh dan berkembang sejak masyarakat belum bermukim di daerah transmigrasi.
  3. Belum tersentuhnya kegiatan bercocok tanam dalam rangka optimalisasi pekarangan (lahan sempit) oleh program desa.
  4. Belum terakomodirnya pemasaran secara terintegrasi sedangkan produksi sayuran dan buah-buahan dilakukan berkelanjutan.

 Tahapan

  1. Masyarakat menyampaikan usulan kepada ketua RT dan kepala Kampung / RW untuk meningkatkan produksi dan pemasaran sebagai proiritas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbangdesa) Tahun 2016.
  2. Tim penyusun RKP melakukan inventarisasi warga yang bercocok taman sayuran di pekarangan rumah.
  3. Pemerintah Desa Karya Harapan Mukti melakukan konsultasi kepada pendamping untuk mendapatkan petunjuk sesuai ketentuan.
  4. Pemerintah Desa Karya Harapan Mukti memasukkan rencana bantuan penyaluran pupuk dan obat-obatan serta revitalisasi pasar desa dalam RKP dan APB Desa Tahun Anggaran 2017 beserta tahapan-tahapan yang akan dilakukan.
  5. Pemerintah Desa membentuk Badan Usaha Milik Desa dan mendelegasikan BUM Desa sebagai pegelola pasar Desa.

Hasil Pencapaian

  1. Bantuan pupuk dan obat-obatan tersalurkan langsung kepada petani.
  2. Produktivitas sayuran meningkat signifikan.
  3. Masyarakat tidak perlu jauh-jauh hasil taninya karena terfasilitasi tempat di pasar desa yang sudah ditata sedemikian rupa.
  4. Para pedagang sayuran dan buah-buahan di desa lain bisa datang langsung kepada para petani karna infrastruktur yang memadai dan kegiatan masyarakat diketahui luas oleh desa-desa lain.
  5. Pasar desa terkelola dengan baik karena terdapat lembaga (BUM Desa) yang bertanggungjawab.
  6. BUM Desa mendapatkan inkam dan PADes meningkat dari hasil pengelolaan pasar desa.
  7. Masyarakat tidak kesulitasn memperoleh gizi keran tersedia di pekarangan masing-masing.

Pembelajaran

Kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan meluas dengan semakin banyaknya petani yang bercocok tanam. Dengan adanya bantuan pupuk dan obat-obatan produksi sayuran  meningkat serta mempermudah pemasaran karena disamping para pedagang pengecer bisa datang langsung, masyarakat juga dapat menjajakan komoditinya di pasar desa.

Rekomendasi

  1. Agar dilakukan upaya intensifikasi, ekstensifikasi, diversifikasi dan pengolahan hasil pertanian untuk meningkatkan kualitas, kuantitas, dan nilai sehingga menambah inkam petani.
  2. Perlu diberikan penguatan kelembagaan petani dan pelatihan secara langsung mengenai pengemasan agar dapat merambah kepada segmen pasar modern.

 Kontak Informasi  : 0812 7450 1766

Nama                     : Wibowo Iswahyudi

Jabatan                   : Direktur BUM Desa Sido Mukti

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar